BUMDES Berhasil, Bupati Banggai Janji Tambah Dana Segar

0

BANGGAI, OKENESIA.COMBupati Banggai, Ir. H.Amirudin, MM., AIFO menaruh harapan besar, agar pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) benar-benar maksimal.
BUMDES sejatinya menjadi penggerak roda ekonomi bagi mereka warga di pedesaan.

Bahkan, Bupati Amirudin berani memberikan jaminan akan memberikan dana segar sebagai tambahan modal di tahun mendatang. Asalkan, syaratnya pengelolaan BUMDES berhasil.
Tambahan modal bagi BUMDES yang berhasil, bisa sampai di angka Rp500 juta.

Janji tambahan modal bagi BUMDES itu disampaikan Bupati Amirudin saat launching BUMDES Desa Konau dan penyerahan aat-alat pertanian di Desa Tetesulu, Kecamatan Nuhon, Selasa (1/8/2023).

Bupati Amirudin sangat berharap, Bumdes Kampung Konau dan Bumdes lainnya dapat menjadi penggerak roda perekonomian masyarakat, serta mengembangkan daya saing masyarakat dalam memberdayakan potensi yang ada di desa.

“Kalau hari ini sukses, maka tahun depan akan mendapatkan lagi Rp100 juta bahkan sampai Rp500 juta. kami harapkan untuk dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya, karena bantuan ini dipantau langsung oleh pihak penegak hukum dalam hal ini Kejaksaan,” ujar Bupati Amirudin.

Bupati Banggai ini meminta kepada para pengelola bumdes aktif mencari dan belajar dari bumdes serupa, yang telah lebih dulu berdiri dan dianggap berhasil dalam mengelolanya.

“Pengelolaan bumdes harus mengedepankan profesionalitas para pengurusnya, sehingga bumdes dapat terus berkembang dan berinovasi,” tutur Bupati Amirudin.
Agenda launching BUMDES Konau dirangkaikan pula dengan penyerahan bantuan bibit dan alat-alat pertanian.

Kabupaten Banggai sebut Amirudin,memiliki potensi sektor pertanian dengan luas wilayah 9.672.70 hektare yang terdiri dari lima bagian, yaitu, tanaman pangan, perkebunan, kehutanan, peternakan dan perikanan darat.

“Selanjutnya, bagaimana membuat pertanian yang tangguh, peternakan yang baik, perikanan yang baik nanti 20 tahun kedepan kita tidak ketergantungan lagi dengan Dana Bagi Hasil (DBH),” jelas Bupati Amirudin.

Agenda itu sangat sejalan dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Banggai, sebagaimana visi Pemerintah Kabupaten Banggai yakni “Terwujudnya Banggai Maju, Mandiri Dan Sejahtera Berbasis Kearifan Lokal”.

Tidak hanya itu, kegiatan ini juga sejalan dengan misi Pemda Banggai yang tertuang dalam misi kedua dan keempat yang berbunyi “Menciptakan kemandirian ekonomi yang produktif dan berdaya saing melalui pemanfaatan teknologi, dan peningkatan pengelolaan sumber daya alam berkelanjutan yang berbasis lingkungan”. (top/*)

Comments
Loading...