BUMDes Menggerakkan Ekonomi Masyarakat

PINBUK Sulteng Latih Pengelola BUMDes di Touna

0

TOUNA, OKENESIA.COM – Pusat Inkubasi Bisnis Usaha Kecil (PINBUK) Sulteng memberikan pendampingan terhadap 50 badan usaha milik desa atau Bumdes yang tersebar di Kabupaten Tojo Una Una. Sebagai langkah pendampingan Bumdes ini, digelar agenda sosialisasi pendampingan pengurus dan pengelola Bumdes.

Bupati Tojo Una Una, Mohamad Lahay meyakini, penguatan BUMDes merupakan upaya untuk mengurangi kemiskinan di desa. “Keberadaan BUMDes menggerakkan ekonomi masyarakat, dapat menciptakan lapangan kerja baru, meningkatkan pendapatan masyarakat, dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa,” ungkap Bupati Mohamad Lahay yang diwakili Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Touna, Nawatsara Panjili saat membuka sosialisasi pendampingan pengurus dan pengelola BUMDes di Auditorium Kantor Bupati Touna, Senin (21/08/2023).

Bupati Touna ini menegaskan bahwa pemerintah daerah akan terus memberikan dukungan kepada BUMDes agar dapat berkembang dan memberikan manfaat bagi masyarakat desa. “Pemerintah daerah akan memberikan bantuan dana, pelatihan dan pendampingan kepada BUMDes. Kami berharap, BUMDes dapat menjadi tulang punggung perekonomian desa dan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa,” ungkapnya.

Agenda pembukaan itu turut dihadiri anggota DPRD Tojo Una Unam Husen Abubakar, Kadis Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Alimudin Muhammad, penasehat PINBUK Sulawesi Tengah Indonesia Arifudin Bidin dan Direktur PINBUK Sulawesi Tengah Andi Aril Patalau selaku narasumber.

Hadir pula Asisten Pemerintahan dan Kesra Seta Tojo Una Una, Alfian Matajeng, sejumlah kepala perangkat daerah terkait, para camat serta kepala desa.

Dalam acara tersebut, para peserta diberikan materi tentang tata kelola BUMDes yang baik, serta strategi pengembangan usaha BUMDes.

PINBUK Sulteng dalam kegiatan pendampingan ini dibantu oleh tenaga ahli pemberdayaan dari PINBUK Kabupaten Banggai Abdullah Mukarram dan PINBUK Kabupaten Banggai Kepulauan S. Rizal UK. (top/*)

Comments
Loading...