Gencatan Senjata Permanen Hamas-Israel, Berikut Tahapannya

0

JAKARTA, OKENESIA.COM- Agresi militer Israel terhadap warga Jalur Gaza, Palestina sejak 7 Oktober 2023 hingga kini sudah berlangsung selama kurun waktu 7 bulan. Perang genosida yang telah menelan korban jiwa sekira 32 ribu lebih warga Jalur Gaza, telah menempatkan fakta ini sebagai perang biadab sepanjang sejarah.

Kini, gencatan senjata permanen mulai digagas. Mediator yakni, Mesir dan Qatar berperan besar dalam mengakhiri perang tak imbang di tanah kelahiran para Nabi itu.

Dua negara itu telah menggagas gencatan senjata permanen dan dikabarkan telah mendapatkan respon positif dari kalangan Gerakan Perlawanan Islam-Hammas.

Okenesia.com telah menerima salinan proposal gencatan senjata antara Pendudukan Israel versus Hamas.

Proposal gencatan senjata tertanggal 5 Mei 2024, Ahad itu diberi judul ‘Prinsip dasar kesepakatan antara pihak Israel dan pihak Palestina di Gaza’.

Kerangka perjanjian tersebut bertujuan untuk membebaskan semua tahanan sipil Israel di Jalur Gaza. Perjanjian itu dengan harapan, kembalinya ketenangan yang berkelanjutan. Menghadiskan gencatan senjata permanen, dan penarikan diri pasukan Israel dari Jalur Gaza, dan rekonstruksi gedung dan bangunan rumah penduduk.

Kerangka kesepakatan tersebut terdiri dari tiga tahapan yang saling terkait dan saling berhubungan, yaitu sebagai berikut:

Tahap pertama, belangsung selama 42 hari.

Di tahapan ini, penghentian sementara operasi militer timbal balik antara kedua pihak, dan penarikan pasukan Israel.

Penarikan pasukan mulai dari kawasan padat penduduk hingga kawasan sepanjang perbatasan di seluruh wilayah Jalur Gaza, termasuk Wadi Gaza – (Poros Netzarim dan bundaran Kuwait).

Penghentian penerbangan (militer dan pengintaian) di Jalur Gaza selama 10 jam sehari.

Pembebasan tawanan dan tahanan.

Pemulangan pengungsi ke daerah tempat tinggalnya dan penarikan diri dari Lembah Gaza (poros Netzarim dan bundaran Kuwait):

Pada hari ketiga (setelah pembebasan 3 tahanan) pasukan Israel mundur sepenuhnya hingga Jalan Salah al-Din, serta pembongkaran situs dan fasilitas militer di dalamnya.

Dimulainya pemulangan pengungsi ke daerah tempat tinggalnya (tanpa membawa senjata selama kepulangannya), dan kebebasan pergerakan penduduk di seluruh wilayah Jalur Gaza, dan masuknya bantuan kemanusiaan dari Jalan Al-Rashid mulai hari ini tanpa hambatan apa pun.

Pada hari ke-22 (setelah separuh tahanan sipil dibebaskan hidup-hidup, termasuk tentara wanita), Pasukan Israel dari pusat Jalur Gaza mundur (terutama poros Netzarim Martyrs dan poros Bundaran Kuwait). Berlanjutnya pemulangan para pengungsi ke tempat tinggalnya di utara Jalur Gaza, serta kebebasan bergerak warga di wilayah tersebut.

Dimulai dari hari pertama dengan memperkenalkan bantuan kemanusiaan dan bahan bantuan secara intensif dan dalam jumlah yang cukup, 50 truk bahan bakar per hari, termasuk 300 untuk wilayah utara (termasuk bahan bakar).

Bahan bakar itu diperlukan untuk mengoperasikan pembangkit listrik, perdagangan dan peralatan yang dibutuhkan untuk menghilangkan puing-puing, merehabilitasi dan mengoperasikan rumah sakit, pusat kesehatan dan toko roti di seluruh wilayah Jalur Gaza, dan hal ini akan terus berlanjut di semua tahap perjanjian.

Pertukaran tahanan antara kedua belah pihak:

Pada tahap pertama, Hamas membebaskan 33 tahanan Israel (hidup atau mati), termasuk perempuan (wanita sipil dan tentara), anak-anak (di bawah usia 19 tahun selain tentara), orang tua (di atas usia 50 tahun) dan pasien, warga sipil yang terluka, dengan imbalan sejumlah tahanan di penjara dan pusat penahanan Israel.

Hamas merilis jumlah perempuan dan anak-anak sipil Israel yang ditahan. Sebagai imbalannya Israel membebaskan 30 anak dan perempuan untuk setiap tahanan.

Hamas membebaskan semua tahanan Israel lanjut usia (yang berusia di atas 50 tahun) dalam keadaan hidup dan warga sipil yang sakit dan terluka. Sebagai imbalannya, Israel membebaskan 30 orang lanjut usia (lebih dari 100 orang).

Hamas melepaskan semua tentara perempuan Israel yang masih hidup, dan sebagai imbalannya, Israel membebaskan mereka 50 orang dibebaskan dari penjaranya untuk setiap tentara wanita Israel yang dibebaskan.

Penjadwalan pertukaran tahanan dan narapidana antara kedua pihak pada tahap pertama: yakni, Hamas membebaskan 3 tahanan Israel pada hari ketiga perjanjian, setelah itu Hamas membebaskan mereka.

Hamas membebaskan seluruh tahanan sipil yang termasuk dalam fase ini. Sebagai imbalannya, Israel membebaskan sejumlah tahanan Palestina di penjara yang telah disepakati

Israel, menurut daftar yang disediakan oleh Hamas.

Pada hari ketujuh (jika memungkinkan), Hamas akan memberikan informasi jumlah tahanan

Warga Israel yang akan dibebaskan pada tahap ini.

Pada hari ke-22, pihak Israel akan membebaskan seluruh tahanan kesepakatan Shalit yang dikembalikan. Jika jumlah tahanan Israel yang masih hidup yang dibebaskan tidak mencapai 33 orang, maka jumlah jenazah dengan kategori yang sama untuk tahap ini, sebagai imbalannya, Israel melepaskan semua yang terbunuh wanita dan anak-anak (di bawah usia 19 tahun) yang ditangkap dari Jalur Gaza setelah 7 Oktober 2023, dengan ketentuan bahwa hal ini dilakukan pada pekan kelima tahap ini.

Proses pertukaran ini terkait dengan sejauh mana kepatuhan terhadap ketentuan perjanjian, termasuk penghentian operasi militer bersama.

Penarikan pasukan Israel, kembalinya pengungsi dan masuknya bantuan kemanusiaan.

Menyelesaikan prosedur hukum yang diperlukan untuk memastikan bahwa tahanan Palestina yang dibebaskan tidak ditangkap atas dasar hal tersebut

Kunci tahap pertama yang ditunjukkan di atas bukan merupakan dasar mencabut tindakan dan hukuman yang diambil terhadap narapidana dan tahanan di penjara dan kamp penahanan.

Warga negara Israel setelah tanggal 7 Oktober 2023, dan memperbaiki kondisi mereka, termasuk mereka yang ditangkap setelah tanggal tersebut.

Selambat-lambatnya pada hari ke-16 tahap pertama, akan dimulai pembahasan tidak langsung antara kedua pihak, menyepakati rincian perjanjian tahap kedua ini mengenai kunci pertukaran narapidana dan tahanan.

Dari kedua belah pihak (tentara dan prajurit lainnya), harus diselesaikan dan disepakati sebelum akhir minggu.

Perserikatan Bangsa-Bangsa dan badan-badannya, termasuk UNRWA dan organisasi internasional lainnya, melaksanakan upaya mereka untuk menyediakan layanan

bantuan kemanusiaan di seluruh wilayah Jalur Gaza, dan hal ini akan terus berlanjut di seluruh tahap perjanjian.

Mulai merehabilitasi infrastruktur (listrik, air, sanitasi, komunikasi, dan jalan) di seluruh wilayah

wilayah Jalur Gaza, memperkenalkan peralatan yang diperlukan untuk pertahanan sipil, menghilangkan puing-puing, dan melanjutkan rehabilitasi.

Memfasilitasi pengenalan pasokan dan persyaratan yang diperlukan untuk mengakomodasi dan melindungi para pengungsi yang kehilangan rumah mereka selama ini

Korban luka melakukan perjalanan melalui penyeberangan Rafah untuk menerima perawatan medis, dan jumlah pelancong, orang yang sakit dan terluka meningkat.

Melalui penyeberangan Rafah, pembatasan terhadap pelancong dicabut, dan pergerakan barang serta perdagangan kembali tanpa pembatasan.

Memulai pengaturan dan rencana yang diperlukan untuk rekonstruksi perumahan, fasilitas dan infrastruktur sipil secara menyeluruh.

Infrastruktur sipil yang hancur akibat perang dan kompensasi bagi mereka yang terkena dampak di bawah pengawasan sejumlah negara dan organisasi dari Mesir, Qatar, dan PBB.

Semua tindakan pada tahap ini, termasuk penghentian sementara operasi militer bersama, perlindungan, penarikan pasukan, dan lain-lain, akan berlanjut pada fase kedua sampai keadaan tenang yang berkelanjutan diumumkan.

Tahap kedua (42 hari).

Di hari pertama, mengumumkan kembalinya ketenangan berkelanjutan (penghentian operasi militer dan permusuhan). Dengan pertukaran tahanan antara kedua pihak – semua pria Israel yang masih hidup, nyawa (warga sipil dan tentara) – dengan imbalan sejumlah tahanan di penjara dan tahanan Israel yang disepakati di kamp-kamp penahanan Israel, dan penarikan total pasukan Israel dari Jalur Gaza.

Tahap ketiga (42 hari).

Menukarkan jenazah dan sisa-sisa orang mati ke kedua belah pihak setelah mengidentifikasi mereka.

Mulai melaksanakan rencana rekonstruksi Jalur Gaza untuk jangka waktu 3 sampai 5 tahun, termasuk rumah dan fasilitas sipil, infrastruktur, dan kompensasi bagi semua yang terkena dampak, di bawah pengawasan sejumlah negara dan organisasi, termasuk Mesir, Qatar, dan PBB serta Amerika Serikat.

Terakhir, mengakhiri pengepungan total terhadap Jalur Gaza. Penjamin perjanjian ini adalah Qatar, Mesir, Amerika Serikat serta PBB. (top/*)

Comments
Loading...