Ratusan Buruh Demo Tolak Pemindahan Pelabuhan Bongkar Muat

0

 

BANGGAI, OKENESIA.COM- Ratusan buruh Tenaga Kerja Bongkar Muat (TKBM) Pelabuhan Luwuk kembali menggelar aksi demo di DPRD Banggai, Senin (28/8/2023).

Aksi damai aliansi mahasiswa dan serikat pekerja menguggat dikawal ketat aparat Polres Banggai. Bahkan, terlihat personel Brimob. Pengamanan dilakukan mengantipasi titik keramaian dan kemacetan lalu lintas. Kapolres Banggai AKBP Ade Nuramdani, SH, SIK, MM mengerahkan ratusan personel untuk bertugas mengawal aksi unjuk rasa.

“Hari ini kita melaksanakan kegiatan pengamanan sesuai dengan sprint, kita siapkan 290 personel untuk mengamankan unjuk aksi damai buruh dan mahasiswa hari ini Senin, 28 Agustus 2023,” ujar Kapolres Banggai melalui Kasie Humas Polres Banggai IPTU Al Amin S. Muda, saat memantau pengamanan aksi demo.

Pengamanan tersebut, katanya, dilakukan sejak buruh berkumpul di titik kumpul awal yakni di Kawasan Pelabuhan Rakyat Luwuk lalu dikawal juga saat melakukan longmarch menuju ke Kantor DPRD Banggai di Teluk Lalong.

Kasie Humas mengatakan jumlah personel pengamanan dikerahkan sesuai keperluan. Pasukan akan dipertebal apabila terjadi eskalasi massa.

“Nanti kita lihat situasinya, tapi yang penting kita sudah siapkan,” imbuh IPTU Amin.

Untuk mengamankan demo tersebut, akses ke Kantor DPRD Banggai di Teluk Lalong dialihkan. Pengendara yang akan melintas dialihkan oleh petugas Satlantas Polres Banggai.

“Akses menuju Kantor DPRD Banggai dialihkan. Ini untuk menghindari macet di lokasi. Pengendara kita harapkan mencari jalan alternatif yang diarahkan petugas di lapangan,” katanya.

Terkait jumlah personel pengamanan, ada ratusan personel yang disiapkan. Mereka merupakan gabungan dari Polres dan Polsek Jajaran serta berbagai fungsi dan satuan.

“Harapan kami, tentunya aksi damai oleh Aliansi Mahasiswa dan Buruh Menguggat ini dapat berjalan dengan aman, damai dan tertib,” imbaunya. (top/*)

Comments
Loading...