Kuliah Umum Hadirkan Ahli Tata Negara, Bupati Amirudin Apresiasi Untika Luwuk

0

BANGGAI, OKENESIA.COM- Bupati Banggai, Amirudin mengapresiasi Rektor Universitas Tompotika Luwuk, Taufik Bidullah beserta Civitas Akademika Untika Luwuk atas penyelenggaraan kuliah umum bertema ‘Peran Perguruan Tinggi Terhadap Pemerintah Daerah Dalam Menerjemahkan Azas Umum Pemerintahan Yang Baik Dalam Tata Kelola Pemerintahan di Daerah’ yang disampaikan guru besar sekaligus ahli tata negara Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar, Prof. DR. H. A. Muin Fahmal, S.H., M.H.

Kuliah umum ini berlangsung di Maleo Conference Center, Hotel Estrella, Luwuk, Senin (28/8/2023).

Apresiasi itu menurut Bupati Banggai, karena tema yang disajikan kali ini erat kaitannya dengan urusan pemerintah daerah. Keterlibatan perguruan tinggi sangat dibutuhkan oleh pemerintah daerah.

Rektor Untika Luwuk, Taufik Bidullah dalam sambutannya menyebutkan bahwa kuliah umum menjadi penanda bahwa di Untika sudah dimulai tahun akademik baru, tahun akademik 2023 2024. ‘Kami sengaja menghadirkan para pakar, praktisi di bidangnya,” kata Taufik.

Pelaksanaan kuliah ini sebut Taufik,dilaksanakan secara bergilir. “Tahun ini dipercayakan kepada Fakultas Hukum. Alhamdulillah, kami bisa menghadirkan Prof DR, Muin Fahmal. Kehadiran Prof Muin, adalah kebanggaan kami, karena beliau adalah pakar ahli hukum tata negara. Kami berharap, bisa menambah khazanah berpikir, khususnya kepada mahasiswa baru,” harap Rektor Taufik Bidullah.

Bupati Banggai H. Amirudin menghadiri dan membuka secara langsung kegiatan Kuliah Umum Universitas Tompotika Luwuk. Nampak hadir Wakil Ketua I, DPRD Banggai, Batia Sisilia Hadjar, para pimpinan OPD Kabupaten Banggai, Rektor Untika, para Wakil Rektor, para dekan beserta jajarannya, para dosen dan panitia pelaksana, dan seluruh peserta kuliah umum.

Bupati Banggai H. Amirudin dalam sambutannya menyampaikan bahwa pendidikan merupakan investasi bagi pembangunan sumber daya manusia melalui peningkatan kemampuan, kecakapan dan kualitas kehidupan manusia itu sendiri.

“Olehnya itu, penyelenggaraan pendidikan perlu memperhatikan karakteristik, aspirasi dan kebutuhan masyarakat, pendidikan selayaknya mampu memberikan respon kontekstual sesuai dengan orientasi pembangunan daerah,” terangnya.

Terkait dengan kegiatan ini diakui Bupati Amirudin, sejalan dengan visi dan misi Kabupaten Banggai khususnya dalam membangun kualitas sumber daya manusia yang merupakan persyaratan mutlak untuk mencapai tujuan pembangunan.

“Salah satu wadah untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia tersebut adalah melalui jalur pendidikan,” tutur orang nomor satu di Kabupaten Banggai tersebut.

Kualitas pendidikan harus senantiasa ditingkatkan, karena hal tersebut dapat memberikan kontribusi yang sangat besar terhadap kemajuan suatu daerah dan merupakan wahana dalam menerjemahkan pesan-pesan konstitusi sebagai sarana dalam membangun watak bangsa,” ujar Bupati Amirudin.

Usai agenda pembukaan, dilanjutkan dengan kuliah umum oleh Prof. Muin yang dipandu DR. Muhamad Ilyas. Ketua Panitia Pelaksana Kuliah Umum Untika Luwuk, Zulharbi Amatahir dalam laporannya menyatakan bahwa kuliah umum kali ini dipercayakan kepada panitia Fakum Untika Luwuk. Sementara pembiayaan kegiatan murni dibiayai oleh Untika Luwuk. (top)

Comments
Loading...