Job Fair Diikuti 19 Perusahaan, Lowongan Pekerjaan Terbuka 386 Kuota

0

BANGGAI, OKENESIA.COM- Bupati Banggai Ir. H. Amirudin, M.M, Jumat (1/3/2024) membuka secara resmi kegiatan job fair tahun 2024 diinisiasi Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Banggai. Agenda itu berlangsung di Graha Pemda Banggai.

Job fair tahun 2024 dimulai 1 Maret hingga 3 Maret itu diikuti oleh 19 perusahaan yang berinvestasi di Kabupaten Banggai. Perusahaan yang mengikuti kegiatan ini juga terlihat mengikuti pameran yang dilaksanakan dalam area job fair.

Bupati Banggai Amirudin dalam sambutannya mengucapkan terima-kasih yang setinggi-tingginya kepada Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Banggai atas penyelenggaraan job fair 2024. Job fair merupakan rangkaian yang tidak terpisahkan dari kegiatan penempatan tenaga kerja yang mengusung tema ‘Dapatkan Pekerjaan Untuk Kehidupan Yang Lebih Baik’.

Agenda itu sebut Bupati Amirudin, merupakan salah-satu bentuk untuk mencapai visi Pemda Banggai, yaitu terwujudnya Banggai Maju Mandiri dan Sejahtera Berbasis Kearifan Lokal.

“Tema ini diambil dengan pemahaman agar kita patut optimis dan bergerak lebih cepat untuk kemajuan daerah. Olehnya itu, diharapkan kegiatan job fair ini dapat memperoleh pekerjaan yang lebih cepat, dan juga kegiatan ini menjadi salah-satu aspek pembangunan ketenagakerjaan,” ungkap Bupati Amirudin.

Secara khusus sebut Bupati Amirudin, memfasilitasi pemerintah dalam penempatan tenaga kerja bagi para pencari kerja. “Pemda Banggai sudah punya perda khusus. Apabila ada tenaga kerja yang masuk di Kabupaten Banggai, prioritas utama adalah putra-putri anak daerah Kabupaten Banggai,” katanya.

Selain perusahaan yang saat ini melaksanakan job fair ungkap Amirudin, akan ada job yang nantinya akan melakukan perluasan Senoro dengan jumlah tenaga-kerja yang cukup besar. Selain prioritas tenaga kerja terlatih, mereka juga akan membuka lapangan kerja.

“Insya Allah tanggal 7 nanti, mereka akan datang ke Luwuk untuk melakukan koordinasi dengan Pemda Banggai. Saya akan menanyakan jumlah tenaga kerja. Saya akan sampaikan jangan membawa tenaga kerja dari luar sepanjang itu kita bisa penuhi,” kata Bupati Amirudin.

Pemda Banggai membuka peluang kepada investor untuk berinvestasi di daerah ini. Dengan harapan, kian membuka peluang bagi para pencaker di Kabupaten Banggai.

Sementara itu, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Banggai, Hj. Ernaini Mustatim, S.H., M.H. dalam laporannya menyebutkan, tahun 2023 perusahaan yang mengikuti sebanyak 22 perusahaan yang berinvestasi di Kabupaten Banggai. Dengan lowongan kerja yang tersedia pada saat itu, sebanyak 351 lowongan kerja dan pendaftar atau pencakar 2023 kurang lebih 900.

Untuk tahun 2024 ini kata Ernaini, kegiatan job fair diikuti oleh 19 perusahaan yang berinvestasi di Kabupaten Banggai, dengan 386 jumlah lowongan pekerjaan.

Selain perusahaan yang berinvestasi di Kabupaten Banggai kata Ernaini, kegiatan ini juga diikuti oleh salah satu perusahaan yang berasal dari luar daerah Kabupaten Banggai yaitu PT Sumber Daya Dian Mandiri, perusahaan yang beroperasi di salah satu kabupaten di Provinsi Maluku Utara.

Bupati Banggai H. Amirudin embuka secara resmi job dengan menabuh gong. Usai sesi foto bersama, Bupati Amirudin berkesempatan mengunjungi pameran yang ditampilkan oleh para perusahaan, dan melihat loket pelayanan Kartu AK1 yang dibuka oleh Disnakertrans Kabupaten Banggai. Termasuk mengunjungi stand UMKM yang juga menghadirkan karya mereka.

Pembukan job fair, dihadiri Ketua DPRD Banggai, perwakilan unsur Forkopimda Banggai, perwakilan perguruan tinggi, Staf Ahli dan Staf Khusus Bupati, pimpinan OPD Banggai, perwakilan TP-PKK Kabupaten Banggai, para camat, lurah dalam Kota Luwuk, pimpinan perbankan, pimpinan perusahaan, Ketua Forum Bursa Kerja dan anggota, serta para pencari Kerja. (top/*)

Comments
Loading...