Hanura-PKS Beri Sinyal Gabung Bentuk Fraksi PHP Jilid II

0

BANGGAI, OKENESIA.COM- Pemilu 2024 usai sudah. Komposisi siapa saja dan dari partai politik mana saja yang melenggang ke Parlemen Teluk Lalong juga sudah terbaca.

Hasil Pemilu 2024 itu juga mengubah komposisi fraksi-fraksi di DPRD Banggai.
Jika pada Pemilu 2019 silam terdapat tiga partai politik yang tidak mencukupi membentuk satu fraksi utuh, maka di Pemilu 2024 juga terdapat tiga partai.

Tiga parpol yang tidak mencukupi fraksi utuh di momen Pemilu 2019 itu adalah PKB (2 kursi), Partai Hanura (1 kursi) serta Perindo (1 kursi). Karena tak mencukupi satu fraksi utuh, maka tiga parpol ini membentuk fraksi gabungan. Singkatannya Fraksi PHP (gabungan PKB, Hanura dan Perindo).

Kemungkinan Fraksi PHP Jilid II hasil Pemilu 2024 akan kembali terbentuk. Hanya saja, PKB tak lagi bergabung, karena berhasil membentuk fraksi utuh dengan tiga dutanya terpilih.

Fraksi PKS di periode keanggotaan 2019-2024, merupakan fraksi utuh. Dan saat ini, partai berbasis tarbiyah itu hanya mampu mengirimkan satu dutanya ke Parlemen Teluk Lalong.
Itulah sebabnya, PKS akan menggabungkan diri dengan partai politik lain demi membentuk satu fraksi gabungan.
Setali tiga uang, PAN yang juga sebelumnya mengirimkan tiga dutanya, kini tinggal dua. Juga kehilangan fraksi utuh.
Saat menyampaikan pandangan umum Fraksi PKS, juru bicaranya Mursidin mengakui bahwa partainya tak bisa lagi membentuk fraksi utuh dan menyebut akan bergabung dengan parpol lain yang tak kebagian jatah fraksi utuh.

Pandangan umum fraksi itu disampaikan menyikapi pengantar Laporan Keterangan Pertanggungjawaban atau LKPj Pemda Banggai terhadap pelaksanaan APBD Banggai tahun anggaran 2023 di rapat paripurna DPRD Banggai, Senin (1/4/2024) malam.

Meskipun bergabung dengan parpol lain, Mursidin meyakinkan bahwa dirinya akan tetap melaksanakan tugas yang melekat sebagai wakil rakyat untuk melaksanakan fungsi pengawasan terhadap kerja-kerja Pemda Banggai.

Bak gayung bersambut, ketika Juru Bicara Fraksi PHP, Suharto Yinata menyampaikan bahwa pembentukan Fraksi PHP Jilid II bakal terjadi.

PHP Jilid II tanpa Perindo yang kehilangan kursinya. Namun namanya PHP tetap dapat disematkan, karena ada PAN, Hanura dan PKS.

Akankah terwujud Fraksi PHP Jilid II itu? Kita tunggu saja. (top)

Comments
Loading...