Nasdem Partai Terbuka, Siap Bangun Koalisi Parpol Lain

0

BANGGAI, OKENESIA.COM- Agenda buka bersama (bukber) pengurus teras DPC Partai Gerindra Banggai bersama pengurus DPD Partai Nasdem Banggai memunculkan sinyal bahwa dua partai ini bakal menggalang kekuatan berkoalisi di momen Pilkada Banggai 2024.

Ketua Bappilu, DPD Partai Nasdem Banggai, Sukri Djalumang tak menampik kemungkinan berkoalisi. Namun, Uci-begitu sapaan memberi gambaran bahwa partai bertagline ‘gerakan restorasi’ itu merupakan partai politik yang terbuka untuk berkoalisi dengan parpol lain. “Nasdem ini terbuka, bisa dengan partai lain,” singkat Uci kepada pewarta  di Kantor DPRD Banggai, Selasa (16/4/2024).

Momen bukber di 10 Ramadan terakhir sebut Uci, murni membangun silaturahmi di bulan penuh berkah. Hal itu diakuinya, sah-sah saja.

Perlu diingat tekan Uci, antara Ketua DPC Partai Gerindra Banggai, Sulianti Murad dan Ketua DPD Partai Nasdem Banggai, Batia Sislia Hadjar memiliki kedekatan. “Antara Ibu Anti (sapaan Sulianti Murad) dan Ibu Batia itu punya kedekatan. Mungkin kemarin sempat terjadi ketegangan di Pemilu, sekarang waktunya bersilaturahmi,” ungkapnya.

Jika hal tersebut dikaitkan dengan arah koalisi dua partai, maka sah-sah saja. Namun kata Uci, semua menunggu mekanisme dari masing- partai, khususnya petunjuk teknis pilkada. “Semua tergantung DPP (baca: DPP Partai Nasdem), karena itu kewenangan ada di sana,” kata dia.

Apapun yang diinstruksikan DPP tutur Uci, maka DPD Partai Nasdem Banggai akan menaatinya.

Di kesempatan serupa Uci menjelaskan bahwa hingga saat ini, DPP Nasdem belum menurunkan instruksi sekaitan dengan pembukaan pendaftaran bakal calon Pilkada Banggai. Apabila petunjuk teknis pelaksanaan tahapan pilkada telah dikeluarkan DPP, maka DPD Partai Nasdem Banggai akan menjalankannya.

Termasuk sebut Uci, pembukaan pendaftaran calon kepala daerah. “Kami menunggu juknis (petunjuk teknis) dari DPP. Kami taat terhadap perintah DPP,” ucap Sukri Djalumang. (top)

Comments
Loading...