Selain Amir, Beny & Bali, Golkar Tertutup Bagi Figur Lain

0

BANGGAI, OKENESIA.COM- Jika partai politik (parpol) sudah mulai membuka proses penjaringan bakal calon kepala daerah, maka tidak demikian dengan Partai Golkar. Partai berlambang pohon beringin rindang ini memiliki mekanisme berbeda.

Ketentuan bahwa partai besutan Airlangga Hartarto itu tak membuka ruang pendaftaran disampaikan Sekretaris DPD II Partai Golkar Banggai, Irwanto Kulap kepada Okenesia.com via pesan aplikasi WhatsApp, Sabtu (27/4/2024).

Partai Golkar hanya akan memberikan ‘restu’ perahunya digunakan oleh tiga figur, yakni Amirudin Tamoreka, Benyanto Tamoreka serta Samsulbahri Mang. Sementara figur lain, dipastikan tak bakal mendapatkan rekomendasi usungan.

Wanto-sapaan karib Irwanto Kulap ini mengutip poin-poin isi surat instruksi DPP. Pertama, telah dilaksanakan rapat pleno di Dewan Pengurus Pusat (DPP) Partai Gokkar tanggal 10 Maret 2024 telah diputuskan tahapan-tahapan persiapan pilkada, bakal calon kepala daerah/bakal calon kepala daerah dari Partai Golkar (tahapan pilkada terlampir).

Kedua, sehubungan dengan tahapan tesebut, DPD Partai provinsi dan kabupaten/kota tak diperkenankan untuk melakukan kegiatan penjaringan bakal calon nama baru.

Ketiga, bila terdapat usulan nama baru bakal calon atau terdapat dinamika baru terkait proses pencalonan di daerah, agar dikoordinasi langsung bidang pemenangan pemilu wilayah DPP Partai Golkar masing-masing.

Instruksi itu tertuang dalam bomor B-1138/GOLKAR/IV/2024, diterbitkan di Jakarta, tertanggal 19 April 2024. Perihal surat itu adalah pemberitahuan tahapan penjaringan calon kepala daerah/calon wakil kepala daerah dari Partai Golkar pada Pilkada serentak tahun 2024.

Surat yang ditandatangani Wakil Ketua Umum, DPP Partai Golkar, Ahmad Doli Kurnia Tandjung dan Sekretaris Jenderal DPP Partai Golkar, Lodewijk F. Paulus. Surat tersebut ditujukan kepada ketua/plt. DPD Partai Golkar provinsi dan kabupaten/kota se Indonesia.

“Intinya, Partai Golkar tidak membuka pendaftaran dan terfokus di surat tugas,” tulis Wanto.

Momen Pilkada Banggai, Partai Golkar menugaskan tiga figur untuk melakukan konsolidasi. Ketiganya adalah kandidat petahana, Amirudin, Ketua DPD II Partai Golkar Banggai, Benyanto Tamoreka serta Dewan Pertimbangan DPD II Partai Golkar Banggai, Samsulbahri Mang.

Dengan surat tugas itu, maka dapat dipastikan di antara mereka bertigalah yang akan diusung oleh Partai Golkar.

Untuk mendapatkan pilihan diusung itu, maka akan dilakukan survey kandidat. “Terfokus di surat tugas yang akan disurvey dalam tiga tahapan. Golkar tidak membuka pendaftaran, bukan menutup, karena kalau menutup berarti pernah membuka,” demikian Irwanto Kulap. (top)

 

Comments
Loading...