UIN Datokarama Palu Hadirkan Dubes Palestina Jadi Pembicara Internasional

0

PALU, OKENESIA.COM- Universitas Islam Negeri (UIN) Datokarama Palu menghadirkan Duta Besar Palestina untuk Indonesia, Zuhair S. M. Al Shun, untuk menjadi pembicara pada kegiatan Kuliah Tamu Internasional, yang diselenggarakan perguruan tinggi keagamaan Islam negeri (PTKIN) tersebut.

Ketua Panitia Kunjungan Kerja Dubes Palestina, Doktor Hamlan, di Kota Palu, Sulawesi Tengah, Ahad (28/7/2024) mengemukakan, kehadiran Duta Besar Palestina untuk Indonesia di UIN Datokarama, merupakan upaya menumbuhkan, memajukan, dan mengembangkan perguruan tinggi keagamaan Islam negeri (PTKIN) khususnya UIN Datokarama melalui jaringan kerja sama internasional.

“Oleh karena itu, Duta Besar Palestina untuk Indonesia akan pembicara Internasional pada ruang akademik yaitu kuliah tamu yang dihadiri oleh para mahasiswa dan dosen,” ujar Doktor Hamlan.

Hamlan mengakui bahwa Duta Besar Palestina untuk Indonesia Zuhair S. M. Al Shun bersama Fatenah B.A Alshun, dan Staf Khusus Dubes Palestina untuk Indonesia Febriansyah Putra Djaya Indra, telah tiba di Kota Palu pada Ahad (15.00 wita) melalui Bandar Udara Mutiara Sis Aljufri Palu.

Duta Besar Palestina untuk Indonesia Zuhair S. M. Al Shun beserta rombongan disambut oleh Gubernur Sulteng H Rusdy Mastura diwakili oleh Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Fahruddin Yambas, Rektor UIN Datokarama Profesor Kiai Haji Lukman Thahir, Ketua Panitia Kunker sekaligus Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum, Perencanaan dan Keuangan UIN Datokarama Doktor Hamlan, serta Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompimda) Sulteng terkait.

“Kami civitas akademik UIN Datokarama dan Pemerintah Daerah Provinsi Sulteng serta Forkompimda telah menjemput beliau (Dubes Palestina untuk Indonesia) di Bandara Palu,” ucap Hamlan.

Kata Hamlan, dalam konteks pengembangan kelembangan dan peningkatan mutu akademik, maka UIN Datokarama berkepentingan untuk menghadirkan Duta Besar Palestina untuk Indonesia Zuhair S. M. Al Shun, ke UIN Datokarama.

“Hal ini karena UIN Datokarama ingin tumbuh, maju dan berkembang, melalui kerja sama Internasional,” sebutnya.

Di samping sebagai sebagai upaya pengembangan kelembagaan dan peningkatan mutu akademik, kata Hamlan, kehadiran Duta Besar Palestina untuk Indonesia Zuhair S. M. Al Shun ke UIN Datokarama, juga untuk membangun solidaritas sosial dan kebangsaan yang bersifat internasional.

“Di mana hal ini sebagai resonansi sosial UIN Datokarama atas kondisi sosial masyarakat Palestina,” sebutnya.

“Solidaritas sosial dan pengembangan kelembagaan serta mutu akademik, akan dikuatkan dengan kerja sama antara UIN Datokarama dengan Palestina melalui Duta Besar Palestina untuk Indonesia,” ujarnya.

Maka, kata Hamlan, kehadiran Duta Besar Palestina untuk Indonesia Zuhair S. M. Al Shun ke UIN Datokarama merupakan komitmen dan konsistensi UIN Datokarama terhadap Palestina.

Duta Besar Palestina untuk Indonesia Zuhair S. M. Al Shun melakukan kunjungan kerja ke Sulawesi Tengah selama tiga hari mulai tanggal 28 – 30 Juli 2024.

Beberapa agenda kunjungan kerja itu di antaranya, menjadi pembicara internasional pada kuliah tamu di UIN Datokarama sekaligus menandatangani perjanjian kerja sama antara UIN Datokarama dengan Palestina. (top/**)

Comments
Loading...