HAMAS Umumkan, Yahya Sinwar Gantikan Posisi Ismail Haniyeh

0

JAKARTA, OKENESIA.COM- Gerakan Perlawanan Islam (Hamas) mengumumkan bahwa Yahya Sinwar pengganti posisi almarhum Ismail Haniyeh sebagai Kepala Biro Politik, Hamas. Ismail Haniyeh terbunuh di Teheran, Ibu Kota Iran pada 31 Juli 2024 di tengah lawatannya untuk menghadiri pelantikan Presiden Iran yang baru.

Gerakan Hamas menegaskan kepercayaannya pada kepala biro politik baru gerakan tersebut, Yahya Sinwar, dan mencatat bahwa ini adalah tahap sensitif dan bahwa keadaan lokal, regional dan internasional mengalami kerumitan. Demikian seperti dikutip dari saluran berita Ultrapalestine, Rabu (7/8/2024) pagi ini.

“Setelah konsultasi dan pertimbangan yang mendalam dan ekstensif di lembaga-lembaga kepemimpinan gerakan tersebut, Gerakan Perlawanan Islam Hamas memutuskan untuk memilih saudara pemimpin Mujahid Yahya Sinwar sebagai kepala biro politik gerakan tersebut, menggantikan pemimpin yang syahid Ismail Haniyeh,” demikian pernyataan resmi Hamas.

Pernyataan Hamas menambahkan: “Ketika gerakan Hamas mengungkapkan keyakinannya pada Saudara Abu Ibrahim sebagai pemimpinnya di tahap sensitif dan keadaan lokal, regional dan internasional yang kompleks, gerakan tersebut meminta kepada Allah untuk memberinya kesuksesan dan mengarahkan langkahnya, dan untuk menulis sebuah surat. kemenangan yang jelas dan suportif bagi rakyat kami dan tujuan kami,” ungkapnya.

Pernyataan tersebut diakhiri dengan mengatakan: “Pada momen bersejarah ini, kami mengenang pemimpin syahid kami Ismail Haniyeh, yang dalam karir kepemimpinannya menampilkan teladan kepemimpinan yang berani, bijaksana dan terbuka, dan kami yakin bahwa Abu Ibrahim dan saudara-saudaranya dalam kepemimpinan gerakan tersebut akan melanjutkan jalannya dan jalan para pemimpin sebelumnya, dan akan melestarikan warisan jihad dan perjuangan mereka sampai pembebasan dan kembalinya,” katanya lagi.

Pemimpin Hamas Taher al-Nono mengatakan kepada TV Arab: “Pesan pertama dari memilih Sinwar adalah untuk menekankan vitalitas gerakan dan kemampuannya untuk berkomunikasi antar berbagai wilayah,” kata Taher. (top/ultrapalestine/*)

Comments
Loading...