PAW Helton Diperkirakan Dilantik Pekan Kedua Oktober

0

BANGGAI, OKENESIA.COM- Pelantikan calon Pengganti Antar Waktu (PAW) Helton Abd. Hamid, wakil rakyat asal Partai Nasdem Banggai diperkirakan bakal berlangsung pada pertengahan bulan Oktober 2023 mendatang.

Perkiraan itu didasarkan pada tahapan pengusulan calon PAW dari Sekretariat DPRD Banggai. “Kami sudah ajukan kepada Gubernur Sulteng melalui Bupati Banggai,” ungkap Sekretaris DPRD Banggai, Fery Sudjarman kepada pewarta di Kantor DPRD Banggai, Senin (18/9/2023).
Surat pengusulan surat keputusan kepada Gubernur Sulteng melalui Bupati Banggai telah dikirim pada Selasa tanggal 22 September 2023, pekan kemarin.
Saat ini, surat tersebut sedang ditindaklanjuti oleh Bagian Tapem, Setda Banggai.
Hitungannya, proses pengusulan dari bupati ke gubernur itu paling lambat 7 hari kerja. Sementara proses pembuatan surat keputusan di gubernur selama 14 hari kerja. Artinya, dengan mencermati batasan waktu tersebut, maka SK PAW itu kemungkinan akan terbit pada pekan kedua Oktober.
Dewan Banggai sebut Fery, sudah melakukan konfirmasi ke KPU Banggai terkait calon nama pengganti caleg Partai Nasdem di Pemilu 2019 silam.
Hasilnya, KPU Banggai berdasarkan hasil rapat pleno komisioner menetapkan Sarifah sebagai calon pengganti Helton Abd. Hamid untuk melanjutkan sisa periode keanggotaan hingga Agustus 2024 mendatang.
Setelah mendapatkan nama dari KPU Banggai, Sekretariat Dewan Banggai mengundang Sarifah sebagai calon pengganti untuk melengkapi 21 persyaratan mutlak untuk proses pengusulan. PAW ke gubernur. Sarifah sebut Fery, sudah melengkapi berkas-berkas dimaksud.
Fery melanjutkan, setelah terbit surat keputusan Gubernur Sulteng tentang pemberhentian Helton Abd. Hamid dan pengangkatan Sarifah untuk periode keanggotaan 2019-2024, langkah berikutnya adalah Badan Musyawarah (Banmus) DPRD Banggai akan menjadwalkan rapat paripurna istimewa pelantikan Sarifah.
Helton menyatakan mengundurkan diri dari keanggotaan Dewan Banggai sekaligus mundur dari statusnya sebagai kader partai bertagline Gerakan Restorasi.
Sejatinya, Sarifah menempati urutan keenam perolehan suara saat menjadi caleg Nasdem di dapil IV (Kecamatan Kintom, Batui, Batui Selatan, Moilong, Toili serta Kecamatan Toili Barat).
Di urutan pertama perolehan suara internal Nasdem Dapil IV, Helton mencatatkan namanya sebagai peraih suara terbanyak, yakni 5.806 suara. Berikutnya adalah Suparno di urutan kedua yang melenggang ke Dewan Banggai.
Di urutan ketiga, ada nama Sadar. Namun, ia memilih mundur dari Partai Nasdem, karena mengurusi perusahaan.
Di posisi keempat, ada nama Moh. Nur Agama yang telah meninggal dunia.
Di posisi kelima ada nama Dedy Noho. Dedy telah menyatakan mundur, dan saat ini berikhtiar di Partai Golkar sebagai caleg di Dapil IV.
Nah, di posisi keenam ada nama Sarifah yang seolah mendapatkan durian runtuh. (top)

Comments
Loading...