Pemda Banggai Janji Perbaiki Jaringan Air Bersih Warga Uwedaka

0

BANGGAI, OKENESIA.COM – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Banggai merespon positif keluhan warga Desa Uwedaka, Kecamatan Pagimana atas krisis air bersih yang dialami warga setempat.

Respon positif itu, Dinas PUPR Banggai berjanji akan memproyeksikan alokasi anggaran mendukung penyediaan jaringan air bersih hingga ke pemukiman warga Desa Uwedaka, Kecamatan Pagimana. Respon positif itu disampaikan Kepala Dinas PUPR Banggai yang diwakili salah satu kepala bidang Dinas PUPR Banggai, Mulsandi.

Penyediaan anggaran itu, menyikapi keluhan warga setempat yang terekam dalam momen rapat dengar pendapat Komisi II, DPRD Banggai bersama Asisten II Setda Banggai, Ferlyn Monggesang, Dinas PUPR Banggai, Camat Pagimana serta Kepala Desa Uwedaka. Agenda tersebut berlangsung di ruang rapat DPRD Banggai, Senin (7/8/2023).

Rapat yang dipandu Ketua Komisi II, DPRD Banggai, Sukri Djalumang itu menyikapi keluhan warga Desa Uwedaka yang tak bisa lagi menikmati air bersih, akibat penyumbatan jaringan pipa menuju pemukiman warga. Penyumbatan jaringan air itu terjadi pasca pekerjaan proyek air desa yang dikerjakan Dinas PUPR Banggai.

Mulsandi yang mewakili Dinas PUPR Banggai menyadari, target pekerjaan tak semuanya sesuai ekspektasi masyarakat. Namun begitu, Mulsansi berjanji bahwa pekerjaan air desa di dua desa, yakni Desa Ampera dan Desa Uwedaka, akan tetap dilaksanakan perbaikan. Sebab, pekerjaan yang ada saat ini masih dalam tahap pemeliharaan oleh pihak ketiga. “Kami bertanggung jawab untuk perbaikan di lapangan,” ungkap Mulsandi.

Tak hanya itu, Dinas PUPR Banggai juga akan membuat perencanaan penyediaan jaringan air bersih hingga ke pemukiman warga tahun, agar tahun anggaran mendatang dapat dibangun. Dengan mengganti jaringan milik desa. Jaringan air desa yang ada saat ini dibangun melalui program Pansimas.

Asisten II, Setda Banggai, Ferlyn Monggesang menyebut bahwa proyek air desa di Uwedaka masih dalam masa pemeliharaan oleh kontraktor. “PUPR untuk segera membenahi atau memperbaiki, agar masyarakat segera menikmati air bersih. Tahun depan sudah dialokasikan di desa. Saya berharap, warga Desa Uedaka bersabar. Anggaran terfokus ke aliran Desa Uedaka,” janji Ferlin.

Aparat Desa Uwedaka menyambut baik rencana Pemda Banggai membangun sistem jaringan distribusi ke rumah-rumah.

Sukri Djalumang meminta Dinas PUPR Banggai, agar membangun Bak Pelepas Tekanan atau BPT, agar aliran air menjadi deras.

Sukri mengaku, bersyukur mendapati respon Dinas PUPR Banggai yang dinilainya mampu menyediakan solusi terhadap masalah yang ada.
Rapat dengar pendapat yang berlangsung hanya sekira sejam itu, Komisi III menerbitkan tiga poin rekomendasi.

Pertama, memerintahkan Kepala Dinas PUPR Banggai untuk segera memperbaiki infrastruktur air bersih yang belum maksimal di Desa Uwedaka, Kecamatan Pagimana.
Kedua, PDAM diminta untuk membantu secara teknis perbaikan infrastruktur air bersih di Desa Uwedaka, agar manfaatnya dapat dirasakan secara langsung oleh masyarakat.
Ketiga, Komisi II, Dewan Banggai akan memantau langsung perbaikan infrastruktur air bersih di Desa Uwedaka. (top)

Comments
Loading...