Bupati Banggai Minta Wartawan Awasi Kinerja Kepala OPD

0

BANGGAI, OKENESIA.COM- Bupati Banggai, Amirudin meminta kepada para pewarta untuk mengawasi kinerja bawahannya, para kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dalam menjalankan tugas pemerintahan. Permintaan itu disampaikan Bupati Amirudin di agenda buka puasa bersama puluhan pewarta berlangsung di Warkop Daeng Mangge, Minggu (7/4/2024).

Bahkan, orang nomor satu di kabupaten bermotto ‘Momposaangu Tanga Mombulakon Tano’ menegaskan pula agar tak sungkan untuk menuliskan narasi berita ‘miring’ atas kinerja bawahannya. “Tolong teman-teman (wartawan) tulis saja itu pejabat yang tidak becus (bekerja),” pinta Amirudin yang disambut standing aplaus para pewarta.

Agenda bukber sekaligus silaturahmi di pengujung Ramadan tahun ini berlangsung sederhana dan penuh keakraban. Jalinan komunikasi terbangun dengan baik. Momen ini juga dimanfaatkan Bupati Amirudin meminta saran, pendapat bahkan hingga kritikan terhadap tugas-tugas pemerintahan selama ini demi kemajuan daerah.

Harapan agar para kuli tinta mengawasi kinerja bawahannya di semua level diakui Bupati Amirudin, karena dirinya tak mampu menjangkau seluruh ruang-ruang di daerah ini. Itulah sebabnya, keterlibatan pewarta dalam mengawasi kinerja pemerintahan sangat dibutuhkan.

Ia meyakinkan kepada pewarta bahwa narasi kritikan yang dialamatkan terhadap bawahannya akan langsung ditindaklanjutinya. Jika kritikan itu mengarah kepada dirinya, Bupati Amirudin mengaku, akan menginstropeksi diri.

“Kalau kritikan itu ke bawahan, saya langsung tindaklanjuti. Saya langsung panggil, tapi kalau itu mengarah ke saya, saya pun langsung instropeksi diri. Kritikan teman-teman (wartawan) sangat dibutuhkan demi kemajuan daerah ini,” aku Amirudin.

Ia sempat mengurai dua kasus kritikan pewarta. Yakni, terkait pemberitaan warga yang mengonsumsi air tadahan hujan dan floating jetty. Dua kasus itu langsung ditindaklanjuti dengan mengecek secara langsung.

Hasilnya, konsumsi air tadahan hujan adalah pekerja asal luar Kabupaten Banggai. Para pekerja itu didatangkan untuk mengerjakan pekerjaan di Kabupaten Banggai. Begitu pula dengan floating jetty, Bupati Amirudin langsung menindaklanjutinya.

Informasi seperti demikian diakui Bupati Amirudin, sangat membantu dirinya dalam menjalankan tugas pemerintahan.

Hadir di agenda bukber itu, Kepala Badan Riset dan Inovasi Daerah, Andi Nursyamsy Amir, Kepala DKISP, Lesmana Kulab, Plt. Kepala Dinas PUPR, Kepala Bagian Prokopim Setda Banggai, Muhlis Pampawa serta puluhan wartawan dari media cetak dan online. (top)

Comments
Loading...