Jangan Sengaja Meninggalkan Salat!

0

MORUT, OKENESIA.COM- Da’i Rumah Zakat Cabang Sulteng, Gunawan menekankan, agar Umat Islam tidak sengaja meninggalkan salat lima waktu. Pesan ini disampaikan Ustadz Gunawan saat tausiah singkat ba’da Jumat di Padang Kalang Desa Manyo’e, Kecamatan Mamosalato, Kecamatan Morowali Utara, Sulteng, Jumat (8/8/2023).

Tiga belas orang dewasa dan tiga anak-anak mualaf Padang Kalang Desa Manyo’e menyimak dengan baik penjelasan Ustadz Gunawan. Tausiah singkat sebagai bentuk pembinaan dan pendampingan terhadap para mualaf itu bertema ‘Jangan Sengaja Meninggalkan Salat’. Tausiah itu berlangsung di Masjid Padang Kalang.

Warga Padang Kalang Desa Manyo’e berada di kaki Gunung Tokala, Morowali Utara. Mereka adalah suku yang terisolir dari dunia luar. Suku mereka adalah Tau Taa Wana, sebuah suku dengan sejarah yang sangat tua di dunia. Suku ini diperkirakan sudah ada di Sulawesi sejak 8.000 tahun silam.

Cukup banyak sebutan yang menggambarkan orang Ta’a ini. Mereka kerap disebut Tau Taa Wana yang bermakna orang yang tinggal di hutan. Hidup nomaden dan beragama animisme. Semangat para da’i Rumah Zakat Cabang Sulteng tak pernah surut memberikan pembinaan dan pendampingan. Bahkan, bukan hanya pembinaan mengenal dan mengetahui Syariat Islam, tapi juga diajari baca tulis.

Kepala Cabang Rumah Zakat Sulteng, Muttaqin Arsyad kepada Okenesia.com menyampaikan harapannya terhadap kegatan rutinitas itu. “Semoga Allah memberikan taufik dan hidayah-Nya kepada kita semua, agar kita bisa menjaga salat dengan benar,” harap Muttaqin Arsyad. (top)

Comments
Loading...