Disnakertrans-JOB Tomori Latih Teknik Welder 16 Warga

0

BANGGAI, OKENESIA.COM- Bupati Banggai, Amirudin menekankan pentingnya sumber daya manusia tangguh menghadapi pasar kerja. Dengan sumber daya manusia, apapun dapat dilakukan. Demikian disampaikan Bupati Amirudin saat menutup agenda pelatihan berbasis Kompetensi Kejuruan Plate Welder SMAW 3G-Up/PF yang berlangsung di rumah jabatan Bupati Banggai, Kamis (7/3/2024) malam.

Ia menganalogikan, apabila suatu daerah mempunyai sumber daya manusia yang tangguh, maka daerah tersebut tidak akan bergantungan dengan sumber daya alam yang ada.

Amirudin mencontoh Singapura. Negara ini tidak punya minyak, tapi bisa menjadi penjual minyak. Selandia Baru, pertaniannya sangat maju. Warganya yang dididik dengan ilmu cukup, sehingga mereka bisa mengelola sumber daya alam dengan baik.

Pelatihan kompetensi itu untuk memberikan keterampilan dan pemahaman kepada peserta pelatihan dalam konsep dasar, pengenalan dan penggunaan alat las SMAW 3G-Up/PF.

“Saat ini, kita memberikan pelatihan kepada welder (juru las), mungkin berikutnya kegiatan akan ditekankan kepada pertanian atau peternakan, agar menjadikan Kabupaten Banggai mempunyai pertanian yang tangguh dan peternakan hebat,” kata Amirudin.

Amirudin juga mengingatkan agar warga tidak hanya terpaku pada sumber dayam alam semata. “Bagaimana memberdayakan sumber daya manusia, termasuk memberikan ilmu. Bekerja dengan baik, dan ilmunya dipergunakan. Jangan pernah berhenti untuk belajar,” Bupati Amirudin mengingatkan.

Ia juga mengingatkan kepada para pengusaha yang ingin berinvestasi di Kabupaten Banggai, harus mengutamakan pekerja lokal. Kecuali, tenaga kerja lokal tidak punya kemampuan untuk melaksanakan pekerjaan tertentu baru bisa mendatangkan dari luar.

“Kami berharap, orang-orang Kabupaten Banggai jangan menjadi penonton di negeri sendiri,” ungkap Amirudin.

Pelatihan Berbasis Kompetensi Kejuruan Plate Welder SMAW 3G-Up/PF (pengelasan) ini terlaksana berkat kerja sama antara Dinas Tenaga Kerja dan Tranmigrasi Kabupaten Banggai dengan JOB Pertamina-Medco E&P Tomori Sulawesi.

Kegiatan ini diikuti oleh 16 peserta hasil rekrutmen tanggal 3 Januari 2024 di Kecamatan Moilong. Dari 16 desa yang ada, 4 desa tidak mengutus pesertanya, yakni Bumi Harjo, Minahaki, Mulyo Harjo dan Tou.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Banggai, Hj. Ernaini Mustatim, S.H., M.H. dalam laporannya menyebutkan, hasil pelaksanaan ujian kompetensi, para peserta dinyatakan kompoten dan berhak mendapatkan sertifikat dari Badan Sertifikasi Profesi (BNSP) maupun Sertifikat Internal dari UPTD Loka Latihan Kerja (LKK) Luwuk.

Uji kompetensi tersebut menghasilkan Peserta Terbaik I Hariyanto (Saluan), Terbaik II M. Fathurahman (Mina Karya) dan Kholik Yudiono (Arga Kencana).

Hadir pada penutupan kegiatan Pelatihan Berbasis Kompetensi Kejuruan Plate Welder SMAW 3G-Up/PF, General Manager JOB Tomori, Benny Sidik, perwakilan Timas/PPS Sulianto Entong, Dirut PPS beserta seluruh manajemen, Ketua Kadin Kabupaten Banggai Beniyanto Tamoreka, beberapa pimpinan OPD, para kabag di lingkungan Setda Banggai, Ketua MUI Kabupaten Banggai dan jamaah zikir serta undangan lainnya.

Kegiatan yang dilaksanakan tersebut, dirangkaikan dengan kunjungan kehormatan dan doa syukur JOB Tomori dan Pemda Banggai.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Amirudin dan lainnya juga berkesempatan memberikan santunan kepada anak yatim piatu. (top/*)

Comments
Loading...