Parenting Optimalisasi Peran Orang Tua Peserta Didik PAUD

0

BANGGAI, OKENESIA.COM- Dalam rangka peningkatan kualitas pendidikan anak usia dini serta menanamkan merdeka belajar dan berjiwa Pancasila, maka perlu adanya kegiatan parenting.

Tujuan parenting guna meningkatkan pengetahuan kepada orang tua tentang kesehatan, perawatan, pengasuhan pendidikan dan perlindungan sesuai tahapan usia anak.
Dengan kegiatan ini, diharapkan bisa memberikan motivasi kepada orang tua untuk berperan aktif dalam pendidikan anak usia dini.

Demikian disampaikan Bupati Banggai dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Asisten Pemerintahan dan Kesra, Setda Banggai Hj. Nurdjalal, S.H di agenda pembukaan parenting PAUD dan Penegerian Satuan PAUD lingkup Pemda Banggai yang berlangsung di Hotel Santika Luwuk, Selasa (30/4/2024).

Pemda Banggai berkomitmen untuk berpihak pada peningkatan kualitas pendidikan.
Demikian juga dengan masyarakat, harus menyadari akan kontribusi pendidikan bagi kemajuan dan kemakmuran masa depan bangsa, agar menjadi bangsa yang lebih maju.

Pada prinsipnya Pemda Banggai menyambut baik satuan PAUD yang diselenggarakan oleh masyarakat di daerah ini menjadi PAUD Negeri. Hal itu merupakan salah-satu upaya dalam mendukung visi Kabupaten Banggai yakni, terwujudnya Banggai maju mandiri dan sejahtera.

Seperti diketahui, pelaksanaan Kegiatan Pembinaan Kelembagaan Manajemen PAUD yang dilaksanakan ini, di dalamnya ada dua sub kegiatan. Yakni Parenting PAUD dan Penegerian PAUD.

Parenting PAUD adalah kegiatan yang melibatkan orang tua untuk membantu pendidik dalam proses pembelajaran di kelompok/kelas anaknya, secara bergilir 1 atau 2 orang tua.
Penegerian satuan PAUD yang diselenggarakan oleh masyarakat/ pemerintah desa yang selanjutnya disebut Penegerian Satuan PAUD adalah kegiatan peralihan status satuan PAUD dari status yang diselenggarakan oleh masyarakat menjadi status yang diselenggarakan oleh pemerintah.

Kegiatan ini diikuti oleh para stakeholder yang tersangkut dengan aktivitas pembelajaran di lingkungan tersebut.
Turut hadir pada pembukaan ini beberapa perwakilan OPD lingkup Pemda Banggai dan beberapa undangan lainnya. (top/*)

Comments
Loading...